Wajib Coba! Makanan Khas Bogor


Makanan Khas Bogor


1. Roti Unyil

Roti Unyil, Makanan Khas Bogor
Roti Unyil
Alasan diberikan nama Unyil, Karena roti ini memiliki bentuk yang kecil dan hanya perlu satu suap saja untuk di makan. Rasa lezat dan bentuknya yang unik membuat roti ini paling terkenal dan digemari banyak masyarakat.


2. Mie Glosor
Mie Glosor, Makanan Khas Bogor
Mie Glosor
Mie Glosor biasa dijadikan buat menu berbuka puasa untuk umat Muslim di kota Bogor. Mie ini biasa disajikan dengan sambal kacang dan dilengkapi dengan kerupuk mie dan gorengan. Ciri khas dari mie glosor yaitu mie nya berwarna kuning keemasan karena menggunakan bahan dasar dari tepung singkong dan kunyit sebagai campurannya.


3. Toge Goreng

Toge Goreng, Makanan Khas Bogor
Toge Goreng
Melihat dari namanya, makanan khas Bogor yang satu ini seperti jenis makanan yang digoreng. Padahal sebenarnya tidak digoreng sama sekali, melainkan direbus tetapi menggunakan wajan dan serok. Kemudian cara merebusnya, toge ditaruh diatas serok dan direbus dengan sedikit air. Selain toge, bahan dasar lain dari makanan yang satu ini yaitu mie kuning, ketupat dan tahu goreng.


4. Asinan Bogor

Asinan Buah, Makanan Khas Bogor
Asinan Bogor
Makanan khas Bogor yang satu ini udah terkenal banget dibanding jenis makanan khas yang lain. Proses pembuatannya yaitu diasinkan dengan garam atau dengan diasamkan menggunakan cuka. Rasa dari makanan khas Bogor yang satu ini punya ciri khusus yaitu rasanya pedas namun juga ada asamnya. Pada bulan puasa makanan ini sangat laris karena sering digunakan sebagai menu buka puasa.


5. Doclang

Doclang
Doclang
Doclang ini mirip dengan kupat tahu dan lontong sayur. Doclang ini terdiri dari pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil. Pesor adalah sejenis ketupat yang terbuat dari beras putih yang dibungkus dengan menggunakan daun patat dan direbus selama beberapa jam. Sementara daun patat ini biasanya tumbuh liar di kaki Gunung Salak. Beberapa penjual doclang yang “fanatik” biasanya juga hanya menggunakan kecap merk Zebra yang merupakan kecap asli Bogor. Saat ini, sudah tidak terlalu banyak penjual doclang di kota Bogor.

0 Response to "Wajib Coba! Makanan Khas Bogor"

Posting Komentar