Pulau Sangiang, Banten

Pulau Sangiang

Mungkin diantara dari kalian belum pernah mendengar Pulau Sangiang terutama bagi kalian yang berdomisili di sekitaran Ibukota. Emang si pulau ini belum begitu terdengar namanya dibandingkan Kepulauan Seribu dan Krakatau. Untuk menuju ke pulau sangiang, butuh waktu sekitar 1 jam berlayar dari pelabuhan Paku Anyer guys.
Jika kalian berencana untuk berwisata kepulau ini, pastikan deh guys kalian bawa teman yang cukup banyak untuk meminimalisir pengeluaran biaya, karena harga sewa kapal yang relatif mahal dan izin camp yang bisa dibilang juga cukup mahal bagi kami kalangan gembel traveller.
Kapal yang biasa mengantarkan kita dari pelabuhan anyer ke pulau sangiang juga cukup nyaman dengan dilengkapi toilet dan perlengkapan life jacket bagi kita semua. Perlengkapan safety yang lumayan cukup untuk ukuran kapal kayu rakyat seperti ini.



Kapal Hoping
Kapal Hoping
Lagoon Bajo Bukan labuan bajo yang terdapat di Flores ya guys tapi mungkin keindahan yang ditawarkan Lagoon Bajo gak kalah cantiknya. Dari sini kita bisa melihat kota cilegon dan pelabuhan merak dari kejauhan. Disini pun terdapat pos pengamanan pulau yang terdapat beberapa fasilitas kamar mandi dan mushola yang bisa kita pergunakan.



Deramaga
Dermaga Pulau Sangiang by Setapak
Di pulau sangiang banyak spot spot menarik yang bisa kalian kunjungi dengan trekking ringan, Dengan ditemani guide penduduk lokal pastinya guys. Gak ada jalanan beraspal di Pulau Sangiang, semuanya tampak masih sangat alami. Jalan setapak kecil yang terbentang di tengah rimbun pohon kelapa, di pinggiran pesisir hutan bakau, masuk ke perkampungan warga kemudian masuk ke hutan dataran rendah. Semua tampak komplit di sajikan oleh Pulau Sangiang ini.



Pulau Sangiang
Pulau Sangiang by Setapak




Pulau Sangiang
Pulau Sangiang by Setapak
Goa kelelawar, Bau menyengat guano kotoran kelelawar sangat terasa di sekitaran bibir goa dan bahkan diantara deburan ombak terdapat beberapa hiu yang tampak berlalu lalang. Mungkin sang hiu menunggu ada beberapa kelelawar terjatuh. Kita harus cukup berhati hati agar tak terseret ombak yang penuh dengan hiu hiu itu.



Goa Kelelawar Pulau Sangiang
Goa Kelelawar Pulau Sangiang by Setapak
Tidak hanya goa kelelawar, Di dasar tebing kita dapat menjumpai satu lagi goa yang penuh dengan kelelawar namun goa ini lebih besar dan ombak yang lebih menggelegar. Goa Pawon nama tempat ini tutur sang guide. Disini pemandangan lebih lepas karena tempatnya yang cukup luas bersanding dengan tebing tebing yang menjulang tinggi. Untuk menuju ke gowa pawon kalian akan melewati sebuah tangga kayu dan seutas tali yang berguna sebagai webbing. Harus sangat hati hati dalam melangkah karena kecuraman tebing yang 90 derajat dengan batu batu tajam yang siap menyambut jika kita terjatuh.



Goa pawon Pulau Sangiang
Goa pawon Pulau Sangiang by Setapak
Dan ini destinasi trekking terakhir di Pulau Sangiang yaitu pantai Pasir Panjang. 30 menit waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang sangat halus sesuai dengan namanya Pantai Pasir Panjang, sebuah sambutan alam yang sangat menarik. Sepanjang mata memandang hanya ada hamparan pasir putih dengan ujung tebing hijau yang menjulang. Memandang lepas ke lautan tampak sisa sisa kejayaan Gunung Krakatau pada masa lalu. Sungguh pesona landscape yang luar biasa.



Pantai Pasir Panjang Pulau Sangiang
Pantai Pasir Panjang Pulau Sangiang

0 Response to "Pulau Sangiang, Banten"

Posting Komentar