Mampir ke Jogja yukkk

Tempat Wisata Di Jogja

1. Embung Sriten

Embung Sriten
Sejak dulu Kabupaten Gunungkidul identik dengan kawasan yang gersang dan tandus serta rawan kekeringan. Hal ini dikarenakan kontur wilayahnya yang tersusun dari batuan karst atau batuan kapur. Namun kini pandangan tersebut perlu diubah sebab Gunungkidul justru menjadi kawasan yang menyajikan wahana wisata tirta paling beragam di Yogyakarta.
Argo Embung Batara Sriten atau yang dikenal dengan nama Embung Sriten adalah salah satu obyek wisata tirta yang wajib Anda kunjungi saat datang ke Yogyakarta. Telaga buatan yang terletak di puncak bukit ini menjadi embung tertinggi di Yogyakarta. Wisatawan yang berkunjung ke Embung Sriten pun akan dimanja dengan udara yang sejuk dan panorama yang sangat indah.
Mata wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan telaga dengan latar awan gemawan dan hutan yang menghijau. Dari tempat ini wisatawan juga bisa menyaksikan Rawa Jombor serta Waduk Gajah Mungkur dari kejauhan. Tak hanya itu, saat malam menjelang wisatawan yang berkemah di tempat ini bisa menyaksikan keindahan lampu Kota Klaten dan Nglipar.
Dari ketinggian Embung Sriten, wisatawan juga bisa menyaksikan sunset maupun sunrise tanpa terhalang pepohonan. Saat pagi menjelang, gumpalan kabut yang melingkupi area di bawah embung serupa kue lapis berwarna hijau putih dan terlihat sangat menyejukkan mata. Saat senja tiba, kilau cahaya keemasan yang menerpa permukaan air menjadi pemandangan epic yang sayang dilewatkan.
Selain menyajikan wisata telaga buatan, Embung Sriten juga menjadi kebun buah kelengkeng, manggis, durian, dan sirsak. Kedepannya di tempat ini akan dibangung landasan paralayang berskala internasional.

2. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang paling cocok untuk keluarga atau pemula karena arusnya yang tidak berbahaya bila dibandingkan dengan sungai lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo juga dapat dimainkan kapan saja, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi pada saat musim hujan saja.


3. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.


4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.
Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.


5. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Kompleks Candi Prambanan juga disebut memiliki seribu buah candi karena adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, namun sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini adalah yang berada di sebelah timur.
Candi ini merupakan persembahan bagi Dewa Siwa yang dalam ajaran Hindu dikenal sebagai Dewa Penghancur. Menurut prasasti Siwaghra yang saat ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, nama asli kompleks candi ini adalah Siwaghra yang berasal dari bahasa Sansekerta, yang mempunyai arti Rumah Siwa.

0 Response to "Mampir ke Jogja yukkk"

Posting Komentar