Makanan Unik Khas Solo

1. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman
Serabi atau srabi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan dimasak di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek tanpa menggunakan minyak, sehingga ciri khas serabi/ srabi adalah agak gosong dikit. Tapi justru inilah yang membuat serabi menjadi enak. Makanan Serabi yang terkenal di kota Solo adalah Serabi Notosuman. Serabi Notosuman bukan hanya cocok untuk dijadikan makanan ringan tapi juga pas sebagai oleh-oleh.


2. Tengkleng

warung tengkleng solo bu edi pasar klewer
Tengkleng

Tengkleng adalah makanan khas solo Jawa Tengah. Karena bahan utama yang digunakan adalah daging kambing sehingga lebih dikenal dengan tengkleng kambing. Mungkin sekilas mirip dengan gulai kambing, namun sebenarnya sangatlah berbeda. Jika gulai berkuah kental, karena menggunakan santan yang cukup banyak. Tengkleng kambing Solo memiliki kuah yang lebih encer. Daging dan tulang kambing sekaligus digunakan untuk bahan utama tengkleng.



3. Sambel Tumpang

Sambel Tumpang
Sambal tumpang adalah makanan khas Kota Solo yang terbuat dari campuran santan dan tempe semangit (tempe yang mulai membusuk) yang dihaluskan. Sebagai tambahan dalam kuah ini biasanya ditambahkan tahu, telur dan krecek kulit sapi. Penyajiannya sendiri biasanya nasi putih diberi sayuran matang seperti bayam ttaoge dan kacang panjang yang kemudian disiram dengan sayur tumpang tadi. Selain dengan nasi putih ada juga yang mencampurkan sambel tumpang ini dengan bubur beras. Nasi sambel tumpang biasanya nikmat dimakan pagi hari sebagai sarapan. Penjual nasi sambel tumpang banyak dijumpai di sekitar Stadion Manahan Solo pada pagi hari.


4. Wedangan

Wedangan
Wedangan merupakan warung khas Kota Solo yang menyediakan makanan khas nasi kucing. Dinamakan nasi kucing karena memang porsinya mirip porsi makanan kucing, yaitu sedikit nasi, sambal dan bandeng yang hanya secuil. Pada perkembangannya lauk yang digunakan tidak hanya bandeng saja namun ada juga teri dan juga oseng. Di warung angkringan biasanya juga menyediakn berbagai macam lauk dari mulai mendoan, tahu, sate telur, sate usus, sate uritan, sate kulit sapi dll. Minumannya pun juga beragam dari teh, jeruk, kopi, jahe dll. Penjual wedangan atau angkringan sangat mencolok dibanding warung yang lainnya. Kekhasan mereka adalah dengan menggunakan gerobak, memasang tenda dan teko yang unik.


5. Sate Kere

Sate Kere
Sajian kuliner khas Kota solo selanjutnya adalah sate kere. Dalam bahasa jawa, kata 'kere' artinya adalah orang yang miskin dan tidak mampu. Dinamakan sate kere karena mungkin karena isinya bukan dari daging seperti biasanya sehingga sangat cocok untuk warga masyarakat dengan ekonomi lemah. Bahan pembuatan sate ere adalah gembus atau sisa pembuatan tahu. Selain itu biasanya juga dilengkapi dengan bahan lain seperti jeroan sapi berupa paru, limpa, hati, torpedo, ginjal dll. Cara pembuatannya seperti biasa, yaitu ditusk kemudian dibakar sampai matang. Untuk penyajiannya yaitu dengan bumbu kacang. Warung sate kere yang saat ini masih ada adalah di sebelah selatan Stadion Sriwedari Solo.

0 Response to "Makanan Unik Khas Solo"

Posting Komentar